Connect with us

Brigif Mekanis Raider 6

Luar Biasa, Brigif 6/TSB/2 Kostrad Berhasil Bersihkan 50 Ton Sampah di Kawasan Hutan Lindung Gunung Lawu

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Brigif 6/TSB/2 Kostrad menggandeng jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar dan Magetan, melakukan aksi bersih sampah di kawasan hutan lindung Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pembersihan dan penghijauan gunung Lawu yang sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 14 Desember 2023 yang lalu.

 

Aksi peduli alam tersebut dipimpin langsung oleh Danbrigif 6/TSB/2 Kostrad Letkol Inf Ragung Ismail Akbar, S.Sos., M.I.Pol. dan berkolaborasi dengan unsur relawan, Dinas Lingkungan Hidup serta stakeholder lainnya, melibatkan sekitar 100 orang personil gabungan.

 

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan mencakup berbagai jenis, mulai dari plastik hingga material non-organik lainnya. Hasilnya, 50 ton sampah berhasil dibersihkan dari kawasan hutan lindung Gunung Lawu. Bahkan, 2 alat berat harus diterjunkan guna membantu pembersihan gunungan sampah.

 

Danbrigif 6/TSB/2 Kostrad Letkol Inf Ragung Ismail Akbar, S.Sos., M.I.Pol. mewakili Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr. (Han). mengatakan, penyelenggaraan aksi sosial bersih sampah ini menindaklanjuti perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. 

 

“Sesuai arahan Kasad, kita lakukan kegiatan bersih sampah di kawasan Gunung Lawu. Kurang lebih ada 100 orang personel yang ikut dalam aksi kali ini,” kata Letkol Inf Ragung.

 

Dikatakan Danbrigif 6/TSB/2 Kostrad, tumpukan sampah ini merupakan sampah dari kawasan pariwisata di sekitar Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Tumpukan sampah tersebut sudah menjadi permasalahan selama bertahun-tahun bagi masyarakat sekitar. 

“Hasil akhir dari aksi kali ini adalah kita berhasil mengangkut sekitar 50 ton sampah dan rencana akan di buang ke TPS Karanganyar,” ujarnya.

 

Melalui kegiatan ini, Brigif 6/TSB/2 Kostrad ingin memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam. Keberhasilan membersihkan 50 ton sampah ini merupakan langkah nyata TNI khususnya Brigif 6/TSB/2 Kostrad untuk mendukung upaya-upaya dalam pelestarian lingkungan dan keberlanjutan pembangunan nasional. Brigif 6 Kostrad berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Upaya bersama seperti ini diharapkan dapat membentuk kesadaran akan perlunya menjaga kelestarian alam demi kesejahteraan bersama.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending