Connect with us

Divif 2 Kostrad

Divif 2 Kostrad Laksanakan Upacara Peringati Hari Bela Negara Ke 71 Tahun 2019

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang ke 71 tahun 2019, Divisi Infanteri 2 Kostrad melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 71 tahun bertempat di Lapangan Penegak Sapta Marga Madivif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Kamis (19/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P, M.Tr (Han). Upacara kali ini diikuti oleh prajurit Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad wilayah Malang Raya.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Kasdivif 2 Kostrad menyampaikan, Kita cermati bersama bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Disinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

Selanjutnya disampaikan bahwa Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta  kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Dengan demikian bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan pengabdian masyarakat berbasis nilai nilai kabngsaan kita. Yang mengabarkan berita teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggung jawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing masing sebagai ladang bela negara, pungkas Kasdivif 2 Kostrad membacakan amanat Presiden RI.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending