Connect with us

Yonkes 2

Yonkes 2 Kostrad Selenggarakan Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai – nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Satuan Yonkes 2/ Divif 2 Kostrad melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 94 Tahun 2022, bertempat di Lapangan Mayonkes 2/ Divif 2 Kostrad, Karangploso, Malang (28/10).

Nilai – nilai luhur yang diikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, “satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia”, serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin oleh Wakil Komandan Batalyon Kesehatan 2/ Divif 2 Kostrad Mayor Ckm Amang Iswanto, S.H, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pendahulu, dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan do’a.

Selain itu, juga dibacakan putusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda – pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan –  pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Jong Java, Jong Sumatera, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar – Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda – pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut juga dihadiri oleh para perwira staf dan para komandan kompi. Pada pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. Zainudin Amali, M.Si yang dibacakan oleh Inspektur Upacara disampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke 94 kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke – 94 ini semoga menjadikan motivasi semangat untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat serta memberikan dukkes dan yankes yang prima dan handal demi mendukung tugas pokok Batalyon Kesehatan 2/ Divif 2 Kostrad.

YOUTUBE

Facebook

Trending