Connect with us

Brigif Mekanis Raider 6

Berikan Wawasan Kebangsaan, Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Divif 2 Kostrad Bangun Jiwa Nasionalisme Pelajar Perbatasan

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Komandan Pos (Danpos) Yanggandur Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Letda Inf Muhammad Rizal memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan Sejarah Masuknya Papua ke Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada Siswa-siswi SD YPPK Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (26/9).

Pemberian materi wawasan kebangsaan bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme kepada generasi penerus bangsa yang berada di wilayah perbatasan terhadap sejarah bangsa Indonesia, dalam hal ini dijelaskan tentang masuknya Papua menjadi bagian NKRI dimana tertuang dalam Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada tahun 1969.

Komandan Pos Yanggandur Letda Inf Muhammad Rizal setelah memberikan materi wasbang mengatakan, tujuan dari menjelaskan sejarah masuknya Papua kedalam NKRI sebagai bentuk bahwa kita semua yang terdiri dari banyaknya pulau,suku,budaya,bahasa dan lain-lainnya adalah bagian dari kekayaan Indonesia, dengan semboyan kita Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengatakan memberikan wawasan kebangsaan adalah salah satu kontribusi kita kepada generasi muda di wilayah perbatasan, dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme para generasi muda penerus bangsa.

Lanjut Dansatgas, wawasan kebangsaan mengajarkan kepada kita semua tentang cara pandang kita kepada diri dan lingkungan dalam kehidupan berabangsa dan bernegara. Wawasan kebangsaan ini juga mengajarkan kita untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan kita giatkan di setiap sekolah-sekolah di wilayah perbatasan yang menjadi tanggung jawab seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, sebagai bentuk membangun karakter cinta tanah air kepada generasi muda di perbatasan demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Mayor Inf Rizky.

Kepala SD YPPK Yanggandur Bapak Emerikus Renyaan, S.Pd., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad yang telah memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada para siswa-siswi disekolah, semoga kedepan akan menjadikan siswa kami semakin memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending